Langsung ke konten utama

PENGALAMAN BAWA KUCING NAIK PESAWAT










Hai netter......Nama saya Yogi Priyoko
Saya mau menceritakan pengalaman saya bawa kucing naik pesawat.
Tanggal 1 agustus 2017 kami sekeluarga memutuskan pindah dari Batam ke Palembang, sebelum tanggal tersebut kami mempersiapkan segalanya termasuk memikirkan kucing kami(kucing kampung) yang kami beri nama Kiplik, apakah mau dibawa atau ditinggal di Batam.
Kiplik bagi kami sudah seperti anggota keluarga, karena kami sangat menyayanginya, bahkan tidurpun ikut di kasur bersama saya kadang bersama anak saya.
Saya mencari info dari berbagai sumber bagaimana cara membawa kucing naik pesawat beserta info biayanya.

                                                                             Foto Kiplik

Ada info dari teman istri saya bahwa biaya membawa kucing mencapai Rp. 3 juta, belum lagi harus dikarantina terlebih dahulu katanya. Hal ini membuat saya jadi berpikir kembali untuk memutuskan membawa kucing ikut pindah atau tidak, mengingat saat itu kondisi keuangan kami  sedang tidak stabil.


Saya bilang ke anak-anak kalau Kiplik akan ditinggal di Batam karena tidak sanggup biayanya untuk membawa pindah. Hari demi hari mendekati tanggal 1 Agustus membuat saya galau karena tidak tega meninggalkan Kiplik sendiri di Batam karena kami sangat sayang, tapi kalau mau dibawa kami tidak sanggup dengan biaya sebesar itu, belum lagi kebayang ribet urusannya.
Karena anak -anak selalu memaksa untuk membawa Kiplik, akhirnya saya mencoba mencari info-info yang lebih akurat di internet, ada info dari internet yang melegakan saya bahwa kucing bisa ikut pindah dengan cara dikirim lewat cargo bandara. Kemudian saya coba tilpon pihak cargo  bandara Hang Nadim Batam. Diberikan penjelasan oleh pihak cargo prosedur dan biayanya. Biayanya oleh cargo dianggap minimal 10 kg dan ditambah surcharge 100%, cargo Batam Palembang per kilo Rp.14 ribu, jadi totalnya Rp.140ribu ditambah surcharge 100% Rp.140ribu total Rp. 280ribu.
Saya coba tilpon cargo lain, untuk kucing minta Rp. 33 ribu per kilo, minimal 10kg, jadi Rp. 330ribu untuk seekor kucing.
Kemudian saya tilpon kantor karantina Batam untuk menanyakan proses membawa kucing lewat udara, kemudian disarankan untuk minta surat kesehatan hewan dahulu ke dinas Kelautan Perikanan Pertanian yang ada di Sekupang Batam sebelum ke karantina.
Untuk lebih melengkapi info lanjutan, saya tilpon ke call center Lion Air untuk menanyakan prosedur membawa kucing, jawaban yang diberikan belum memuaskan saya karena kurang jelas, hari berikutnya saya coba lagi tilpon ke call center Lion Air, penjelasannya lebih detail dan lebih meyakinkan saya.

Setelah Saya mencari info dari berbagai sumber, maka saya simpulkan prosesnya adalah sebagai berikut:
1. Meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) ke Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dengan membawa kucing.
2. Membawa kucing ke kantor karantina yang ada di area cargo bandara setelah itu meminta  surat ijin keluar membawa binatang dari Batam ke Palembang.
3, Pilih cargo yang akan membawa kucing.

Setelah mendapat gambaran jelas tentang proses pengiriman kucing, saya persiapkan kandang untuk membawanya. Saya mencari di online shop tetapi tidak ada yang cocok karena mahal & juga berat di ongkos kirimnya. Saya coba cari di Pet shop yang ada di Batam, akhirnya saya mendapatkan kandang kucing di Pet Shop di area  Puriloka sungai panas dengan harga Rp. 260 ribu. Ukurannya lumayan cukup besar seperti gambar dibawah ini.

Pet chargo untuk Kiplik

Setelah membeli kandang  untuk Kiplik, saya mencoba memasukkan kucing ke dalam kandang, awal nya diam tapi lama lama dia memberontak minta keluar karena tidak betah didalam kandang. Hari berikutnya saya coba meletakkan makanan dia di dalam kandang,  si Kiplik mau masuk ke kandang karena ada makanan didlmnya tetapi pada saat makanan habis dia berontak lagi minta keluar. Saya jadi berfikir bagaimana nanti jika jadi dicargo "apakah akan berontak terus ya?" tidak tega juga kalau harus dikurung berjam-jam.

Hari berikutnya, saatnya untuk membawa Kiplik ke Kantor Dinas Kelautan Perikanan & Pertanian yang ada di Sekupang Batam untuk meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan. Jarak dari rumah saya Marchelia Batam Center sekitar 15 km. Waktu itu siang sekitar jam. 13.30 wib Kiplik saya bawa dengan menggunakan motor bersama istri, selama perjalanan ternyata Kiplik tidak berontak sama sekali, sepertinya sudah mengerti kalau sedang naik kendaraan bahkan menikmati semilirnya angin saat kendaraan melaju. Ini adalah pengalaman pertama Kiplik jalan-jalan jauh naik motor.

Sekitar setengah jam tiba di kantor yang dituju dan ternyata di dalam area tsb ada sebuah puskesmas hewan, disitulah saya masuk membawa Kiplik. Setelah mendaftar saya harus menunggu kembali sekitar setengah jam lebih. Setelah setengah jam berlalu maka giliran saya dipanggil oleh dokter hewan dan beliau mempersilahkan saya masuk ke ruangannya bersama Kiplik untuk diperiksa. Saat akan dilakukan pemeriksaan, Kiplik harus saya keluarkan dari kandangnya, dilihat dari ekspresi wajahnya Kiplik agak kebingungan , mungkin karena tempat tsb  asing buat dia. Dokter menimbang berat badan Kiplik lalu ditanya apakah nafsu makan normal, dan lain-lain tentang masalah kesehatan Kiplik. Karena belum pernah di vaksin maka dokter memberikan vaksin pada Kiplik serta memberikan obat cacing.
Setelah selesai diperiksa & diberikan vaksin oleh dokter, dokter  meminta biaya Rp.150,000 di ruangan tersebut tanpa memberikan kwitansi.
Setelah selesai pemeriksaan, saya dipersilahkan menunggu di depan di tempat pendaftaran untuk dibuatkan surat keterangan. Setelah menunggu sekitar setengah jam surat keterangan sehat hewan selesai. Perlu diketahui untuk pembuatan surat sehat hewan gratis, kalau saya disuruh bayar Rp.150,000 mungkin untuk biaya vaksin hewan, seandainya sudah pernah vaksin maka tidak perlu vaksin dan bikin suratnya gratis.


                   
           Buku bukti sudah di vaksin  

    
                
                                                                 Surat keterangan sehat hewan


Setelah selesai kami pulang dengan membawa Kiplik kembali. Saat kami pulang cuaca lagi panas dan dalam perjalanan pulang kami melihat ada pedagang es, mampirlah kami untuk melepas dahaga, maaf tidak kami sertakan fotonya takutnya pembaca pingin minum es juga.
Setelah selesai minum es kami pulang, dalam perjalanan pulang Kiplik duduk santai di dalam kandangnya.
Sehari setelah itu Kiplik jadi lemas, dikasih makan muntah, sepertinya efek vaksin. Saya jadi khawatir karena beberapa hari lagi siap berangkat, takutnya pas mau berangkat ke karantina tidak disetujui.
Alhamdulillah pas hari H mau berangkat kondisi Kiplik sudah berangsur membaik dan doyan makan.
Sekitar 6 -7 jam sebelum berangkat Kiplik kami bawa dengan motor bersama anak saya ke kantor karantina yang ada di dekat cargo bandara Hang Nadim Batam dan rencana sekalian mau dicargo.
Sampai di kantor karantina kami disambut dengan ramah oleh petugas karantina dan dibuatkan surat ijin keluar untuk hewan. Sekitar 20 menit kami menunggu selesailah suratnya dibuat dan diminta biaya resmi Rp.15,000. Setelah pembuatan surat selesai lalu saya tanya jawab dg petugas karantina dan mengemukakan keinginan saya utk mau membawa kucing via cargo, tapi petugasnya malah menyarankan jangan lewat cargo, kalau cuma 1 ekor nanti bawa saja masuk bagasi, dan untuk Lion Air dikenakan bea bagasi 5 kg.
Setelah dapat saran dari petugas karantina maka saya urungkan untuk via cargo, kemudian Kiplik saya bawa pulang kembali dan ikut bersama kami penerbangan jam 17.10
Surat dari karantina

Pada Jam: 15.00 lebih saya berangkat dari rumah menuju bandara dan tak lupa Kiplik kami bawa bersama kandangnya, dalam perjalanan Kiplik langsung diam menikmati perjalanan naik mobil ke bandara yang berjarak sekitar 14 km dari rumah. Karena kami pindahan jadi bawaan kami sangatlah banyak hingga melibatkan 3 mobil yang mengantarnya.
Sesampai di bandara kami pamit dan bersalam-salaman dengan tetangga yang mengantar dan sebagian ada sedih haru sambil menangis karena mau pisah, duh sedih  sekali pada saat itu.
Saat kami masuk x-ray saya agak cemas karena takut banyak pertanyaan atau hambatan dari pihak sekurity bandara. Dan akhirnya lancar masuk pemeriksaan x-ray bandara.
Kemudian antri check-in tiket. Saat check-in beberapa orang pada memperhatikan kotak kiplik yang saya bawa, bahkan ada orang yang bertanya keheranan apa boleh bawa kucing? katanya. Kami jawab boleh dengan nada yang belum begitu yakin karena kami pun baru pertama kali. Saat antri check-in kami pun masih belum tahu apakah nanti akan bisa dibawa bagasi.
Setelah lama antri akhirnya giliran kami untuk check-in dan kandang kiplik saya taruh di penimbangan bagasi sambil menyodorkan surat karantina. Selanjutnya khusus penanganan hewan ada bagian tersendiri untuk membuat surat pengangkutan udara. Untuk kucing kena bagasi 5 kg ke Palembang per kilo Rp.11,000 jadi untuk kucing kena biaya bagasi Rp.55,000.

Surat pernyataan dan Surat Pengangkutan Lion Air

Setelah check-in selesai kami masuk ke ruang tunggu pesawat, sedangkan Kiplik dibawa oleh petugas berbeda dengan masuknya barang bagasi.
Setelah kami menunggu beberapa lama ternyata penerbangan kami ditunda selama 1 jam, setelah menunggu akhirnya kami bisa terbang ke Palembang.
 Saat di pesawat kami dan anak-anak saling membayangkan reaksi kiplik saat pesawat mau mengudara, suaranya sangat gemuruh, mungkinkah Kiplik panik atau bagaimana entahlah....
Satu jam mengudara Alhamdulillah kami pun sampai di Palembang, turun dari pesawat langsung antri di bagian pengambilan bagasi. Satu persatu bagasi kami sudah kami ambil hingga semua bagasi semua penumpang telah selesai. Namun kenapa Kiplik belum nongol juga? Saya pun langsung menanyakan ke bagian penurunan bagasi, petugas bagasi menjawab bahwa ada mobil khusus yang membawa Kiplik dari cargo katanya. Setelah Kiplik sampai dg dibawa oleh petugas bagasi & langsung diserahkan ke saya, ini menunjukkan bahwa Kiplik tidak dicampur bertumpuk dengan bagasi barang, ada tempat khusus dibagasi pesawat.


Kesimpulan prosedur membawa kucing naik pesawat:

  1. Meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan di kantor Perikanan Kelautan Pertanian dengan membawa kucing, biaya gratis. Untuk kucing  harus sudah di vaksin, bawa buku vaksinnya, jika belum vaksin  maka akan divaksin terlebih dulu.
  2. Meminta surat pengeluaran hewan ke kantor karantina yang ada di terminal cargo bandara, sebaiknya beberapa jam sebelum keberangkatan dengan membawa hewan yang akan diangkut. Proses di karantina tidak terlalu lama, hanya pengecekan hewan dan dibuatkan suratnya.
  3. Saat check-in harus menunjukkan surat yang diberikan oleh kantor karantina ke petugas check -in lalu akan dibuatkan surat pernyataan dan surat pengangkutan hewan. Biaya kena minimal bagasi 5 kg.
Demikianlah kisah perjalanan saya membawa kucing kesayangan pindah antar pulau.


                                               Semoga Kiplik senang ya di Palembang

Komentar

  1. Balasan
    1. Kebetulan THN Dpn q mau bawa mpus plg k Lombok mksh mas infonya

      Hapus
    2. Sehat selalu Kiplik dan pemiliknya. Beruntung sekali Kiplik.... Alhamdulillaah

      Hapus
    3. Kalu dari luar Negri bagai mana ya? Sy cemas sekali karna momo mudah stress

      Hapus
    4. Terima kasih untuk infonya, kebetulan saya ada rencana bulan depan mau bawa kucing saya mudik. Alhamdulillah dpt petunjuk. Terima Kasih ya sangat membantu

      Hapus
    5. Terimakasih infonya mas👍

      Hapus
  2. Kucingnya masuk Xray? Atau ditenteng lewat saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo maksudnya x ray yg buat koper sih pengalaman sy gak masuk kok.

      Hapus
  3. info yang sangat bermanfaat untuk orang yang mau bawa kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kelinci kira2 sama gak yah prosesnya?

      Hapus
    2. Kalo bawa kura2 gimana caranya? Saya ada 5ekor kura, masukin tas ketauan gak yah?

      Hapus
  4. Balasan
    1. Maskapai yg bisa bawa kucing hanya lion air dan sriwijaya air

      Hapus
    2. Kalau Citilink gak boleh bawa kucing ya ???

      Hapus
    3. saya adopsi kucing dr surabaya ke bogor.biaya karantina mahal 2.350.000 dan biaya vaksin 250 rb ,asuransi 1 jt.
      petugas karantina kurang ramah ,ngancam2 mau dibawa pihak berwajib kalo ga cepet dibayar.
      kapok deh adopsi hewan dr luar daerah

      Hapus
    4. Citilink boleh bawa hewan tp beda pesawat. Pesawat khusus hewan dan barang yang perlu pemanganan khusus. Sy udh tanya² kemarin.

      Hapus
  5. Wah info nya sangat membantu. Terimakasih Gan....kebetulan bulan desember ini kami juga mau pindah batam jakarta dan membawa kucing kesayangan kami JOYA. terimakasih banyak info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Diana.. bagaimana proses dari batam-jakarta? Bandara Jakarta (bagian Karantina hewan) kabarnya sulit menerima hewan dari sumatera? saya juga rencana mau bawa 4 ekor kucing saya dari bengkulu ke jakarta.

      Hapus
    2. selama prosedure dijalani dg benar gk perlu kuatir

      Hapus
    3. Bisa gak ya bawa kucing dari pekanbaru ke jakarta

      Hapus
  6. Wahhh... makasih infonya... :D

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. sebelumnya, saya ingin naik kapal laut, tp setelah saya membaca blog ini, saya terbantu dan semoga dilancarkan prosesnya seperti yang telah mas beritahukan, rencana kucing akan berangkat dari batam ke surabaya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dhior Antalimar, sharing pengalamannya juga dong kalau sudah nyampe surabaya. Soalnya saya berencana membawa kucing dari Solo-Batam. Dan itu transit, meskipun satu maskapai (ga perlu check-in ulang) saya ragu terkait prosedur membawa kucingnya.

      Hapus
    2. Saran saya tilpon ke bagian2 terkait untuk lebih meyakinkan

      Hapus
    3. terimakasih banyak infonya, setidaknya memberi pencerahan, Saya juga rencana mau si Whity pulang kampung lebaran nanti dari semarang ke pekanbaru. Mohon do'a semoga dilancarkan. Amin. 😊

      Hapus
    4. Haloo mba/mas yang dari semarang.
      Bagaimana pindahannya Whity lancarkah? Bagiin pengalamannya dong, soalnya saya juga mau bawa kucing saya shiro dari semarang ke pekanbaru. Terimakasih

      Hapus
  9. terim kasih banyak infonya... sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl sudah bisa dr bengkulu ke jakarta share donk sis...soalnya mau bawa juga kucing dr bkl ke jkt

      Hapus
    2. Ini ada penjelasan persyaratan infografis bila berencana kirim kucingnya mbak...

      https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=482831488880119&id=308826162947320

      Untuk lalulintas dari pulau Sumatera (Endemis) ke pulau Jawa (status bebas dgn vaksinasi) titer antibodi protektif adalah persyaratan wajib selain SKKH dari dinas/dokter hewan praktik. jarak waktu dr vaksin primer (pertama kali vaksin rabies) untuk dititer rabies itu satu bulan...

      maksudnya setelah 1 bulan di rabies baru dicek titer rabies..dan untuk dapat hasilnya kurang lebih 2 minggu.. jadi kalo mau pindahan harus spare waktu lebih dari 1 bulan. (sharing informasi dari karantina Bengkulu)

      Hapus
  10. Terimah kasih banyak atas infonya
    Ternyata lebih murah membawa sendiri dibandingkan kirim lewat agen

    BalasHapus
  11. apakah setiap ingin membawa kucing harus dikarantina dulu sebelumnya? kalau misalkan saya ingin membawa kucing ke Surabaya lalu misal 3bulan setelahnya saya bawa kembali ke Balikpapan apakah di bandara nanti harus di karantina lagi dan meminta surat pengeluaran hewan ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing dari Balikpapan ke Surabya lalu balik lagi ke Balikpapan katanya gk bisa lagi

      Hapus
  12. Kalau binatang lain . Seperti sugar glider apakah sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trmksh bnyk infonya..klau dr makassar ke palembang gmna ya..sm jg ? Sy mau bw si gery klau plng ke palembang..klau naik batik bisa g bw kucing

      Hapus
  13. Jadi kalau tidak ada bagasi yg kita bawa, cm kucing saja yg dibawa apa kah bayar lagi 5kg? Soalnya kan ada free bagasi 20kg. Terimakasih soalny saya ada niat jg dari btm ke kno

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib bayar min 5kg karena itu fee perlakuan khusus

      Hapus
  14. Wahh mantap nih,, saya jadi nggak khawatir lagi ninggalin kucing saya karena mau pindah juga,,

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak infonya. Saya mau bawa anak kucing saya ke jerman, tapi saya harus naik pesawat domestik dulu dari denpasar ke jakarta pakai lion, trus nyambung psawat KLM ke jerman, smoga semua prosedur hewan di setiap brand sama ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana sudah ke jerman? lancar kucingnya?

      Hapus
    2. Mbak Bunga Kurnia, gimana perjalananya mbak? Sudah sampai, boleh tanya prosedurnya? Aku juga mau bawah kucong saya luar negeri

      Hapus
  16. apakah bisa jika kucing kita bawa dicabin? tidak di cargo?

    BalasHapus
  17. Sangat berguna buat animal lover, boleh sy share pak?

    BalasHapus
  18. Sangat berguna buat animal lover, boleh sy share pak?

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Waduh maaf kok bisa tripel gini

    BalasHapus
  21. Trim's atas infonya. Sangat membantu dan melegakan... lega soal 3 juta perak itu ... ternyata gak benar.

    BalasHapus
  22. Mau nanya katanya pelabuhan udara batam sekarang menolak kiriman binatang yang bs terkena rabies contoh kucing ato anjing memang benar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagusnya tipon langsung ke instansi terkait balai karantina batam 0778) 470323

      Hapus
  23. Sy dari Batam juga. Makasi artikel nya sangat membantu kebingungan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ongkel....saya boleh minta no TLP yg bisa di hubungi utk info membawa kucing ???

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Wah terima kasih infonya, sangat membantu 👍

    BalasHapus
  26. Maskapai sriwijaya mengizinkan bawa hewan juga kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maskapai yg bisa bawa kucing cuma sriwijaya dan lion air.
      Telpon aja maskapainya, nanti dijelaskan oleh mereka prosedurnya

      Hapus
  27. Membantu banged infonyaa jadi aq bisa bawa kucing aq pulang ke palembang

    BalasHapus
  28. Mas dulu bawa kucingnya udah vaksin pertama kali atau vaksin yang kedua?

    BalasHapus

  29. maaf mau Tanya... berapa Hari sebelumnyà sebaiknya kucing divaksin Dan karantinanya , dari tanggal keberangkatan . trimakasih banyak

    BalasHapus
  30. Mas maubtanya, kalo beda maskapai boleh engga toh lewat cargo?

    BalasHapus
  31. Saya pengen bawa si empai kucing saya dari riyadh ke indonesia bisa ngk ya

    BalasHapus
  32. Saya mau bawa kucing tpi transit, apakah kita harus minta surat dari pertanian perikanan dll di kota tempat transitnya?

    BalasHapus
  33. Terimakasih kasih informasinya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah nemu blog ini saya mau bawa plg kucing saya Dr Bandung ke Bangka semua udh beres tinggal karantina

    BalasHapus
  35. Terimakasih banyak sharingnya sangat berguna

    BalasHapus
  36. Jejak dulu ya... Makasih banyak infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  37. Informasi yang bagus & bermanfaat. Terimakasih, saya berencana membawa hewan peliharaan juga.

    BalasHapus
  38. Wings air berarti bisa ya mas kan satu grup sama lion?

    BalasHapus
  39. Tanya dong gan , rencananya ingin bawa 3 ekor berarti hrs persiapkan 3 pet cargo utk masing masing kucingnya?

    BalasHapus
  40. Satu lg , pengurusan karantina tersebut apakah bisa diurus 2-3 hari sebelom keberangkatan??? Atau hanya pada saat hari keberangkatan mohon infonya thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya sdg ngurus ni mba.,
      sdikit bgi pengalaman yg sya alami pribadi.
      jdi mmg super ribet,.
      klo liat tulisan mas yg d atas sih kyk sya mau brontak, smudah itukah?, knp realitanya ssulit dan semahal ini,.

      intinya hrus cek darah skrg,.
      praturan 2016 ktanya,.
      dan biayanya sekitar 225rb/kucing, mnurut pnjelasan slh 1 petugas dsana, trus btuh d tanam microchipjga kucingnya. dan proses penanaman chip nya kucing hrus d inapkn 1 mlm (ada biaya lgi tpi murah lh) hitungannya klo gk slh ada uang kandang/hri 10rb dan ada uang lain2 utk tp gk mahal2 kok.

      ngurus skkh dan vaksin mmg gratis dan hrus mnunggu tnda tgn kadis klo ngurus nya d dinas pertanian.. sya mmg janjinya dkat2 kbrgkatn bru d trbitkn,.

      udh nelpon ke call center maskapai lion sriwijaya..
      katanya klo pihak maskapai tdk mnjamin kucing bisa d brgkatkn walau sdh ada sertifikat karantina,.
      lion d tambah extra bagasi dri slisih dgn jtah bagasih yg 20kh apabila brat kucing dn kandang plus barang pribadi,. utk hrga bleh konfrmasi ulg ke call center, kisaran 250an paket extra 10kg

      sriwijaya
      beda antara brg pribadi dan hewan,.
      ada hitungan trsendirinya trgantung brat dan jarak penerbanagn, intinya agak ribet.

      dan pada akhirnya sya mnyerah

      Hapus
    2. Maaf mbak, mungkin karena ini peraturan baru. Sy sendiri pas awal 2016 bawa kucing ke surabaya gak seribet itu kok, tp persis pengalaman yg bikin trit ini. Jd jangan menyalahkan yg bikin trit ya...
      Kalo sy sih meski hanya kucing kampung sy usahain semampu sy unt tetap membawanya apalagi kucing yg sy bawa kakinya cacat karena waktu kecil ketabrak

      Hapus
    3. Kak esti mau tanya dong waktu itu bawa kucing dari mana ke mana?

      Hapus
  41. Bawa kucing dr semarang batam gak boleh yah.. Meski sudah punya surat SKH dan buku vaksin..
    Adakah yang bisa mengasih masukan.. Saya ingin membawa kucing persia saya dr jawa ke batam tp tidak diperbolehkan..

    BalasHapus
  42. Terima kasih info nya Pak.

    BalasHapus
  43. terima kasih banyak infonyaa, saya dari batam juga mau bawa hedgehog ku ke padang

    BalasHapus
  44. Permisi kak kalau bawa dari surabaya kebatam bagaimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kakak. bagaimana apakah proses nya lancar?
      saya juga rencana mau bawa kucing dari surabaya ke batam

      Hapus
  45. Ceritanya menarik dan senang bacanya.... .. jadi tau gimana cara bawa kucing naik pesawat. Terimakasih untuk ceritanya

    BalasHapus
  46. Terima kasih banyak infonya, berfaedah sekalii :-D saya berencana membawa pindah kucing saya dari Semarang ke Makassar, semoga persyaratan2nya sama yaa di seluruh kota.. Salam dari Molly untuk Kiplik :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya apakah kucingnya jadi di bawa? Prosedurnya sama? Saya rencana mau bawa kucing dri jkt ke gorontalo soalnya..makasih

      Hapus
  47. Kasi indoor ng kalo sayang aku Si Cikung mau dibawa ke Narita Tokyo apa harus lapor ke Kedutaan juga..?? Nanti di Tokyo nya apa bakal ada syarat lain...??

    BalasHapus
  48. Ada yang pernah pindahan dr semarang ke pekanbaru ato jogja ke pekanbaru ga? Bagi2 dong pengalamannya

    BalasHapus
  49. bermanfaat sekali infonya.. terima kasih karena mau berbagi.

    BalasHapus
  50. Min kalau air asia gmn ya ? Trus penerbangan ke malaysia.. Apakah boleh ?

    BalasHapus
  51. alhamdulillah bisa jadi referensi, kebetulan sy mau bawa kucing sy pulang k kalimantan.. 3 ekor :D ga tega d tinggal d jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana kak? Apakah bisa bawa kucingnya ke kalimantan??? Bagaiaman prosedurnya?

      Hapus
  52. sanhat berfaedah artikelnya..

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Halo mas, vaksin yang dibutuhkan, vaksin apa saja ya?? Mohon dibantu jawab terima kasih

    BalasHapus
  55. Wah, terimakasih banyak bang atas infonya... Saya jadi mau bawa pulang Si Kitty ke Lombok...

    BalasHapus
  56. Wah ini artikel yg sangat membantu....
    Terima kasih bro......
    👍👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  57. Kalo dari luar negeri (HK) kira" prosedurnya lebih rumit gk ya ?

    BalasHapus
  58. Sya mau bawa dogy sya dri bali ke medan dlm waktu dekat ini mudah2 sya di lancar kan utk urusan ny amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritain dong apakah sudah jadi bawa dogynya ke meda.?
      Karena saya juga rencana mau bawa pulang dogyku dari bali ke Medan.

      Hapus

  59. Terima kasih infonya mas, tempat saya bekerja sering melakukan mutasi dan bersama saya saat ini ada kitten 2,5 bulan, infonya sangat bermanfaat kalau2 saya dimutasi keluar pulay.

    BalasHapus

  60. Wow penuh perjuangan ya
    Saya juga mau bawa kucing
    Tapi gak tau gimana caranya
    Setelah baca ini saya jadi tau

    BalasHapus
  61. Kepada siapa kita mengkonfirmasi jika kita ingin membawa kucing? Bolehkah dibawa ke kabin atau bawah kursi?

    BalasHapus
  62. Bermanfaat bangeettt Ya Allah, semoga share ilmunya jadi pahala ya mass.. Terimakasih

    BalasHapus
  63. Kalau dari jakarta ke grontalo semudah itu kah? Makasih

    BalasHapus
  64. Klw bawa ke cabin dr jkrta ke solo untuk liburan bukn pindahan jadi balik LG dr solo ke Jakarta apakah boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama......
      Saya juga pengen bawa mpus pulang mudik lebaran

      Hapus
  65. Waaahhh terima kasih banyak infonya sangat membantu..

    BalasHapus
  66. Berapa lama di karantina nya..
    Saya mau bw kucing dari kalimantan ke padang
    Bisa ngga yaa dgn penerbangan transit

    BalasHapus
  67. Bawa kucing penerbangan transit bisa nggak yaa
    Dari kalimantan ke padang

    BalasHapus
  68. Terima kasih sudah nge-share pengalamannya. Salam buat Kiplik semoga bahagia di tempat yang baru. Saya punya 9 ekor kucing. Klo seandainya pindah...seru ya?

    BalasHapus
  69. Salam sayang buat kiplik ��

    BalasHapus
  70. Waah info yg membantu...senang.y Kiplik tdk ditinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau sharing aja, sy lg urus bawa kucing kampung dari banda aceh ke jkt (CGK) rencana naik lion:
      1. Syarat utk dpt SKKH (srt ket kesehatan hewan) Hrs tes titer antibodi rabies di lab disnak banda aceh — kit pemeriksaan habis dan tdk tau kapan tersedia lg, kl mau kirim sampel/tes di medan;

      2. Krn banda aceh belum wilayah bebas rabies jd kmungkinan Karantina CGK ga mau terima kecuali ada Surat Ijin Masuk dari Disnak DKI;

      3. Sdh hub Disnak DKI (021-6285484 di Gn Sahari) ktnya memang DKI ga akan terima/ kasi Srt Izin Masuk krn Aceh blum bebas rabies. Off the record disarankan tanya ke Disnak Tangsel mgkn disana mau keluarin SIM;

      4. Sy tlp Disnak Tangsel (021-53163644) yg terima bag info krn petugas terkait tdk ada di tempat, Disnak Tangsel bisa keluarkan SIM syaratnya: ket vaksin, SKKH dr disnak asal & ktp tangsel ybs pemilik hewan + isi form di tempat;

      5. Ktp sy DKI, ada tmn KTP Tangsel yg mau ngurusin tp kok ribet bgt, jg sy g tau kapan kit pemeriksaan titer antibodi rabies di Disnak banda aceh tersedia lg,
      Jd kayaknya sy akan bawa kucingnya jalan darat aja naik mobil ke JKT 😂

      Hapus
    2. kakak yang bawa kucing dari banda aceh ke jakarta sharing dong... waktu naik ferry gimana? dicek nggak kelengkapan surat-surat kucingnya? terus kucingnya sendiri di jalan pake drama nggak?

      Hapus
  71. sy renc mau beli kucing online , penjualnya blg harga sdh termasuk ongkir jd tdk ada tambahan biaya lg sampe kucing sy terima, tp bgtu mau deal phak kargo dan karantina blg hrs ada semacam uang jaminan yg jumlahnya bsr ,, yang nnti uang jaminan itu akan deikembalikan begitu kucing sdh kita terima,,akhir sy cancell sj

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.sy aja kewalahan.jgn beli kucing dr luar dawrah deh.kayak diperes.

      Hapus
  72. Lagi galau apakah mbul akan dibawa pindah dari bandung ke medan.gk tega ninggalin dia sendirian dijalanan.tp mau urus surat2 nya koq kyk nya repot dan lumayan jg biaya nya.😢

    BalasHapus
  73. Makasih banyak telah sharing Pak...saya jadi lega...mau bawa kucing kesayangan dari Bali ke Jakatta.

    BalasHapus
  74. Saya juga mau melakukan perjalanan mem awa si kucing. Tapi waktu vaksin dokter mengatakan untuk jarak wakyu vaksin rabies dn vaksin lengkap 3mggu. Apakah anda juga seperti itu??dn apakah perlu titer rabies juga??krn titer rabies di bvet butuh wkt 4mggu dn harus menunggu 30ekor quota agar bisa d lakukan pengujian darah. Kenapa saya seolah2 d persulit. Kalo dari crt anda knp begitu mudah. Mohon sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedang menunggu hasil lab kucing saya. Mau dibawa dr bengkulu ke medan. Sedangkan lab ada di lampung. Jadi menunggu hasilnya sekitar 3minggu.
      Dengan biaya bagasi 83rb/kg kalau hand carry. Gak nyangka semahal itu bagasi.
      Iya, untuk jarak vaksin dengan pembentukan antibodi minimal 3 minggu baru bisa cek titer rabiesnya.

      Hapus
    2. Kak nurul skrg perkembangannya gimana? Itu pakai pesawat apa

      Hapus
  75. Maaf..kalo dari Balikpapan bawa kucing ke Jakarta, bisa kah ?
    Mohon infonya...🙏

    BalasHapus
  76. Kak kalau kita mau bawa kucing pindah keluar negri gimna ya kk?

    BalasHapus
  77. Informasinya sangat bermanfaat pak. Terimakasih.

    BalasHapus
  78. Kak apakah bisa membawa kucing pakai penerbangan citilink?

    BalasHapus
  79. Saya rencana mau bawa Afia kucing saya mudik lebaran May tahun ini dari Batam - Jateng. Mohon dijawab
    1. Apakah permintaan surat dari karantina bandara harus diminta di hari yang sama dg jadwal penerbangan? Karena saya selalu ambil penerbangan pertama pagi hari, agak ribet nih.
    2. Brp jam hewan di karantina?
    Yang saya takutkan, Si kecil stress di dalam kandang pada waktu perjalanan.
    3. Jika sdh pernah divaksin dan pemberian obat cacing di Vet. Apakah kita tetap akan melakukan vaksin lagi?

    Thanks

    BalasHapus
  80. Kalo cuma buat jalan2 , contoh dari jakarta ke jogja- terus balik Lagi ke jakarta (dalam 3-7harian gitu) bisa gak ya bawa kucing ??

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  82. Alhamfulillah..kebetulan selesai corona sy mau bawa mudik kucing 2 ekor..smg tata caranya sama disemua bandara..saya nnti dri bandara soekarno hatta..ke tambolaka

    BalasHapus
  83. Mohin di klarifikasi ulang... sertakan foto nya ..

    Bapak dan ibuk minum Es apa waktu itu..

    Btw...info nya bermanfaat... terima kasih banyak.... kebetulan mau bawa kucing juga nih ...

    BalasHapus
  84. Ada yg komen di atas, klo biaya Surabaya Jakarta aja mahal, gimana kalau ke luar Indonesia, mana saya sudah sayang banget sama kucingku.. Dan saya berencana pindah ke luar Indonesia. Apakah ada yg punya pengalaman membawa kucing ke luar Indonesia?

    BalasHapus
  85. Malasih pak atas infonya kbtln bulan depan rencana mau balik ke mksr bwa kucing ksygn aku..muda2n bs aku bwa naik pesawat jg

    BalasHapus
  86. Makasih pak infonya. Mau tanya pak, jeda waktu dri cek kesehatan sampek keberangkatan berapa lama y pak?

    BalasHapus
  87. Terimakasih mass infonya sangat membantu...

    BalasHapus
  88. Terimakasih mass infonya sangat membantu...

    BalasHapus
  89. Makasih infonya saya rencana bulan depan pindah rumah dan bawa kucing kesayangan saya moci....tapi naik kapal laut dengan mobil sekalian. Sy pindah dari Kalimantan ke Jogjakarta.

    BalasHapus
  90. Thank u infonya, pengen bawa moochi ke samarinda

    BalasHapus
  91. Aku pen bawa biawak boleh ga ya🙄

    BalasHapus
  92. Apakah maskapai garuda bisa membawa peliharaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mba..tadi pagi saya baru tlp ke Garuda. Syaratnya urus surat2 seperti yg disebutkan oleh Bpk nya di blog ini. Utk biayanya nanti sesuai timbangan kandang + kucingnya

      Hapus
  93. Alhamdulillh yah kiplik,semoga kami pun bisa membawa kucing kesayangan kami 2 ekor dari ternate ke purwokerto.terima kasih sharingnya yh

    BalasHapus
  94. Terima kasih untuk infonya, saya rencana mau bawa 4 ekor kucing saya dari banjarmasin menuju cirebon

    BalasHapus
  95. Adakah yang memiliki pengalaman membawa kucing dari luar negeri (tepatnya mesir) ke indo? Mohon jika ada bisa di share🙏🏿

    BalasHapus
  96. share pengalaman nya donk,saya mau bawa kucing saya opet dari malaysia ke bengkulu indonesia?

    BalasHapus
  97. Saat penerbangan kucingnya dipakein popok gak? Klw transit gmna itu

    BalasHapus
  98. Terima kasih atas infonya. Saya berencana bawa kucing saya juga antar pulau. Blog ini sangat membantu saya.

    BalasHapus
  99. apakah ini berlaku juga dari kalimantan k pekanbaru, karena dapat info kalau dari kalimantan tidak bisa

    BalasHapus
  100. Saya berencana bawa kucing pulang ke Gorontalo untuk beberapa bulan, dan kemudian balik lagi ke Jogja. Itu bisa gk yah ?

    BalasHapus
  101. Alhamdulillah
    Terimakasih banyak infonya😊🙏🏻 sangat bermanfaat untuk saya yang juga dari batam, sangat beruntung membaca blog ini dengan penjelasan yang sangat jelas dan rinci. Rencananya saya akan membawa kucing saya untuk menemani saya kuliah di bandung🙏🏻

    BalasHapus
  102. Bermanfaat banget bang infonya. Terima kasih banyaak..

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg rencananya bln dpn mau bawa Simba ke Bandung... yg jd masalah berat kucingnya 10kg... apa nanti ga kesel ya diam di kandangnya selama bbrp jam... mdh2an aja lancar... secara dia rese bgt kl diajakin jln2 pk mobil... ribut aja ngeong2 trs sama mondar mandir dr dpn ke blkg bahkan sampe ke pedal2 gas, rem, kopling... apalagi nanti naik pesawat ya... blm lg perjalanan daratnya dr bandara Soeta ke Bandung... Bismillah aja deh... semoga semuanya lancar... mksh bnyk infonya... sangat membantu sekali... rmh saya jg di Marchellia Blok A...

      Hapus

  104. In sy rncna mw bwa kucing pindah kbtam.awalnya sy udh nyerah krn trkesn ribet tp stlh bca blog in sy smmgat lgi.trs sy mulai mnjlani proses Cr info..Dsni proses awal utk dpt srt krantina sy hrs urus srt recomen Dr dinas batam bhwa daerah batam mmyetujui masuk kucing.stlh it syarat lain mengikuti (TITER AB,SKKH,VAKSIN) smpe sni sy down LG.dtmbh bca Komen2 diatas kl hsil vksin n Titer sgl mcm kyanya gk sgmpang prjlanan blog pak yogi..tp sy ttp berdoa n trs berusaha agr smua dpermudah..krn rsanya gk snggup hrs nggalin kucing ksygan sndri di lampung.smga Allah mmpermudah..hnya sj LG mikir gmna cranya sy Bsa dpetin srt rekomen it dbtam smntra sy msh dlmpung😭

    BalasHapus
  105. Mau bertanya, apakahitu berlaku sampai 2021 ?

    BalasHapus
  106. Kak mau tanya, kalau naik kapal apakah prosedur nya sama?

    BalasHapus
  107. A
    Halo saya baru saja bawa kucing dari batam ke medan, dan caranya kurang lebih sama seperti pengalaman penulis. Cuma kalau sekarang sebelum membuat skkh ke puskeswan sekupang, kita harus ke gedung sumatera dulu untuk membuat pengantar ke puskeswan. Dan setelah dari puskeswan kita juga diarahkan kembali ke gedung sumatera untuk mengambil surat pengantar ke karantina.
    Upate biaya : skkh 10 ribu/ekor, surat karantina 15 ribu/ekor, bagasi ke medan 200 ribuan/ekor.

    Oya Batam itu kawasan bebas rabies tanpa vaksinasi, jadi tidak perlu vaksin rabies ataupun tes darah dulu. Jadi beruntung buat daerah yang bebas rabies, kalau bawa anabul keluar mudah.

    Bagi daerah yang masih belum bebas rabies, pasti akan lebih sulit mesti tes darah dan vaksin rabies. Tapi kembali lagi kebijakan karantina berbeda2. Semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar